Belajar C++ Dasar - Input dan Ouput


Materi : Input dan Ouput Pada C++


Halo, pada post kali ini kita akan mempelajari tentang input dan output. Bahasa yang akan kita gunakan adalah C++. Jadi, apa itu input? apa itu output? Input adalah masukan yang diberikan oleh user dan di tampung di dalam suatu variable agar hasil input tadi bisa kita gunakan nantinya. Sedangkan ouput adalah keluaran pada program.

Pada bahasa C++, agar bisa melakukan input dan output, kita harus menggunakan library yang bernama iostream. Cara memanggilnya adalah seperti ini: #include <iostream>. Kode ini diletakkan pada baris pertama dari program. Apa yang terjadi jika kita tidak menyertakan kode ini? program yang kita buat tidak akan berjalan, dengan kata lain akan terjadi error. Jangan lupa, sertakan using namespace std; agar nantinya perintah cout dan cin bisa digunakan.

Apa itu cout? apa itu cin? cout adalah perintah yang digunakan untuk melakukan keluaran. Sedangkan cin adalah perintah yang digunakan untuk melakukan inputan. 

Langsung saja, di sini kita memiliki sebuah soal sederhana, di mana kita di minta untuk memasukkan nama dan nim mahasiwa. Saya asumsikan di sini kalian sudah menginstall CodeBlocks, Eclipse, NetBeans, CLion, Notepad++ atau apapun IDE / text editor yang kalian suka.

Soal :

1. Buatlah sebuah program C++ untuk menampilkan Nama dan NIM mahasiswa.

Source code :


Hasil :

Hasil Run Program Input dan Output

Penjelasan :

Pertama kita buat dulu dua buah variable, bertipe string dan integer, yaitu string nama dan int nim. Apa kegunaan dari dua variable tersebut? variable string nama berfungsi untuk menampung data berupa text. Text bisa berupa nama, alamat, nama gunung, atau apa saja. Intinya, string digunakan untuk menampung data berupa text. Lalu ada integer. Tipe data integer berguna untuk menampung data bertipe angka. Angka yang ditampung dalam integer adalah bilangan yang tidak berkoma. Contoh: -1, 0, 1, 2 ... dst. Lalu bagaimana jika kita ingin menyimpan bilangan berkoma? seperti 1.5 misalnya. Kita bisa menggunakan flaot atau double. Kita akan membahas ini pada post yang lain.

Setelah kita buat variable, lalu kita minta user untuk menginputkan nama dan nim. Lihat pada program, di situ ada cout dan cin. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cout berguna untuk keluaran (output) sedangkan cin berguna untuk masukan (input). Juga ada perbedaan tanda pada cout dan cin. 

Cara penulisan cout :

cout << "Masukkan text mu di sini!";

Lihat tanda << pada cout. Itu adalah tanda yang digunakan ketika kita ingin menggunakan cout.

Cara penulisan cin :

cin >> namaVariable;

Lihat tanda >> pada cin. Itu adalah tanda yang digunakan ketika kita ingin menggunakan cin.

Jadi ketika cout dan cin dipadukan maka akan muncul text dan dilanjutkan dengan perintah untuk input.

Selanjutnya, ketika user menginputkan, maka data tersebut akan disimpan dalam variable. Jadi, ketika user menginputkan nama maka nama tersebut akan disimpan dalam variable nama. Begitu juga dengan variable nim.

Barulah setelah data disimpan dalam variable, selanjutnya data tersebut kita tampilkan dengan menggunakan cout. Seperti kode program di atas, pertama kita buat tampilan "Nama : " terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan variable nama. Maka ketika program dijalankan, akan muncul tulisan Nama : *nama yang diinputkan*

Demikian program sederhana untuk menginputkan nama dan nim. Namun, pada program ini kita hanya bisa menginputkan nama tanpa menggunkan spasi, jika kita menggunakan spasi, maka nama yang ada spasinya tidak akan ditampilkan, juga kita tidak bisa menginputkan data setelahnya. Lalu bagaimana cara agar kita bisa menginputkan menggunakan spasi? tunggu di post selanjutnya. 

Jika ingin bertanya, silahkan tulis di kolom komentar.