Perbedaan Program, Pemrograman dan Bahasa Pemrograman

 

Apa itu program?

Apa itu pemrograman?

Apa itu bahasa perograman?

Untuk kalian yang berasal dari SMK atau memang sudah mengenal dunia informatika sejak lama, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah di atas. Namun, untuk kalian yang berasal dari SMA dan tidak tau sama sekali mengenai istilah-istilah tersebut, maka kalian bisa mendapatkan jawabannya di sini.

Sebelum kita ke sana, ada baiknya kita mengenal istilah algoritma. Apa itu algoritma? algoritma adalah langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah. Apa itu masalah? masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan atau dicari solusinya.

Contoh algoritma menulis nama pada buku tulis dengan pulpen hitam :

1. Mulai.
2. Siapkan pulpen hitam.
3. Siapkan buku tulis.
4. Buka buku di lembar pertama.
5. Buka tutup pulpen.
6. Tulis nama.
7. Tutup kembali pulpen.
8. Selesai. 

Nah, sudah mengerti kan? jadi algoritma itu adalah langkah-langkah yang kita gunakan dalam memecahkan masalah. Algoritma sendiri bisa ditulis dengan teks, flowchart, dan pseudocode. Untuk materi ini akan kita bahas pada waktu lain.
Lalu apa hubungan algoritma dengan program, pemrograman, dan basaha pemrograman? berikut penjelasannya.

Apa itu program?

Program adalah kumpulan algoritma-algoritma yang ditulis dengan bahasa pemrograman.  Jadi algoritma-algoritma yang ditulis dengan bahasa pemrograman itulah yang disebut program.

Apa itu pemrograman?

Pemrograman adalah proses saat kita membuat, memperbaiki (debugging), dan memelihara suatu program komputer. Jadi mudahnya, pemrograman itu adalah prosesnya.

Apa itu bahasa perograman?

Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan oleh programmer. Sama seperti manusia, komputer juga memiliki bahasa. Jika kita ingin berbicara dengan orang Jepang, maka kita bisa menggunakan bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Demikian juga dengan komputer, jika kita ingin berkomunikasi dengan komputer, memberikan instruksi kepada komputer, maka kita bisa menggunakan bahasa pemrograman. Ada banyak sekali bahasa pemrograman, seperti bahasa C, C++, C#, Java, R, Ruby, Perl dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, materi mengenai bahasa pemrograman akan kita bahas pada lain waktu.

Demikian penjelasan singkat mengenai program, pemrograman dan bahasa pemrograman. Untuk kalian yang ingin bertanya, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Terimakasih.