Belajar C++ Dasar - Input Output dengan Spasi 


Ilustrasi tentang input dan output.

Halo, pada kesempatan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang input dan output. Namun, ada sedikit masalah, yaitu kita tidak bisa menginputkan spasi. Misal kita ingin menginputkan nama Rizky Ramadhan. Maka, yang ditampilkan hanya Rizky saja, lalu bagaimana caranya agar bisa menampilkan keseluruhan dari nama yang diinputkan? selain itu kode program pada post sebelumnya belum tertata rapi, seperti pada : (titik dua) nya. Maka dari itu, pada post kali ini kita akan mempelajari tentang input yang bisa menggunakan spasi dan penggunaan tab agar tulisan lebih rapi.
Pada bahasa C++, kita bisa menggunakan getline agar nantinya input yang kita masukkan itu bisa menggunakan spasi. Penggunannya seperti ini : getline(cin, namaVariable). Variable yang digunakan di sini bertipe string. Selain itu, untuk penggunaan tab, kita bisa menggunakan \tab, agar nantinya ada jarak pada tulisan.

Selain itu, pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan tipe data char. Apa itu char? char adalah tipe data yang dapat menampung karakter. Seperi misalnya 'A', 'B', atau yang lainnya. Karakter hanya ada satu. Jadi, char hanya bisa menampung satu karakter.

Langsung saja, di sini soal, yaitu kita diminta untuk menginputkan nama, karakter dan kata. 

Soal :

1. Buatlah program untuk meminta input angka, karakter, dan kata, lalu menampilkan data tersebut.

Source code :

Hasil :



Keterangan :

Pertama, kita buat dulu 3 buah variable, yaitu: int angka, char karakter dan string kata. Pada post sebelumnya, kita sudah membahasa mengenai variable string dan integer, jadi tidak perlu dijelaskan lagi. Untuk yang belum membacanya atau bagi yang ingin membacanya lagi, silahkan klik link ini.

Apa itu char? di atas sudah disinggung sedikit. Jadi char ini adalah tipe data yang hanya bisa menampung satu karakter saja. Tidak seperti string, jika string dapat menampung lebih dari satu kata, maka char tidak. Misalnya, kita ingin menyimpan kata "Lapar", maka kita gunakan string agar kata "Lapar" bisa tersimpan. Tapi berbeda dengan char, jika kita menggunkan char, maka yang tersimpan hanya "L" nya saja. Kenapa? kembali lagi ke awal, karena char hanya bisa menampung 1 karakter saja.

Setelah kita buat variable, selanjutnya kita minta user untuk menginputkan data tersebut menggunakan cout dan cin.

Pada program kali ini, terdapat cin.ignore(1, '\n'). Apa fungsinya? Pada dasarnya, ketika kita menggunakan cin, kita tidak perlu lagi memberikan baris baru karena sudah ada pada cin, namun karena hal ini kita tidak bisa menginputkan string setelah menginputkan karakter, karena langsung terlewati. Oleh karena itu, kita gunakan cin.ignore. Angka 1 pada cin.ignore berarti hanya ada 1 karakter untuk batasannya, karena karakter hanya ada 1. Sehingga ketika cin.ignore dijalankan, maka newline atau baris baru bawaan dari cin akan diabaikan dan syntax di bawahnya bisa berjalan.

Getline(cin, kata) = digunakan untuk menginput string. Jika kita menggunakan cin >> kata, maka kita hanya bisa menginputkan 1 kata saja, oleh karena itu, kita gunakan getline(cin, kata) ini agar bisa menggunakan spasi saat memasukkan kata.

\t = digunakan untuk tab. Jadi, ketika kita ingin merapikan titik dua (:) kita gunakan tab ini.

Itulah penjelasan singkat tentang input dan output yang dapat menggunakan spasi pada C++, jika ada pertanyaan, silahkan tulis di komentar.